Inilah Cara Mudah Packing Kayu untuk Kirim Barang

 

Sebelum mengirim barang, maka pelajari dahulu bagaimana cara mudah packing kayu untuk kirim barang. Ya, setiap pengiriman wajib menggunakan packing kayu agar barang yang dikirim tetap aman ketika berada di pihak ekspedisi.

Terlebih bagi Anda yang mengirim barang pecah belah atau bernilai cukup tinggi. Jadi, dengan menggunakan packing kayu ini dapat meminimalisir kerusakan pada barang yang Anda kirimkan. Namun, Anda wajib tahu bagaimana cara untuk packing kayu.

Sebab, pihak ekspedisi telah menerapkan aturan untuk packing kayu. Jika tidak sesuai dengan aturan, maka pihak ekspedisi berhak melakukan repack barang sesuai dengan aturan yang berlaku. Tentu saja, pengirim akan dikenakan biaya tambahan karena layanan repack barang yang akan dikirim.

 

 

 

Cara Mudah Packing Kayu bagi Pengiriman Barang

Sebagai pengirim, tentu Anda harus melindungi barang yang akan dikirim oleh pihak ekspedisi. Hal ini bertujuan agar barang tetap aman dan tidak mengalami kerusakan saat dikirim oleh pihak ekspedisi.

Oleh karena itu, ini dia panduan lengkap cara mudah untuk packing kayu bagi barang pecah belah atau mudah rusak. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1.     Memilih Kayu untuk Packing Barang

Cara pertama yakni memilih kayu yang cocok untuk packing barang. Anda disarankan untuk menggunakan kayu multiplek yang cukup kuat untuk melindungi barang. Selain itu, harga kayu multiplek ini lebih terjangkau.

2.     Mengukur Barang yang Akan Dikirim

Cara kedua yaitu mengukur barang yang akan Anda kirim dengan packing kayu. Anda wajib memberikan ruang lebih agar barang yang dikirim tidak mengalami lecet. Selain itu, adanya ruang lebih juga dapat mencegah benturan keras ketika berada di gudang ekspedisi.

3.     Melapisi Barang dengan Bubble Wrap

Cara mudah packing kayu yang ketiga adalah lapisi barang dengan bubble wrap. Bubble wrap ini melindungi barang pecah belah atau elektronik dari benturan keras. Sehingga, barang yang Anda kirim tetap aman dan tidak mudah rusak.

4.     Menempelkan Stiker Fraglie

Cara yang terakhir adalah menempelkan stiker Fraglie atau barang pecah belah pada paket. Tujuannya agar petugas ekspedisi menaruh paket Anda di tempat yang aman. Sehingga, paket yang Anda kirim bisa sampai ke alamat tujuan dengan selamat.

 

Daftar Paket yang Wajib Menggunakan Packing Kayu

Setelah mengetahui cara mudah packing kayu, maka Anda juga harus paham jenis paket yang wajib menggunakan packing kayu. Sebab, tidak semua jenis barang ini wajib menggunakan packing kayu.

Jenis paket yang menggunakan packing kayu adalah barang pecah belah. Barang pecah belah ini seperti gelas, piring, ataupun guci. Barang pecah belah ini memang harus mendapat tambahan perlindungan ekstra.

Sehingga, barang pecah belah dapat sampai ke alamat tujuan tanpa kerusakan sedikitpun. Jenis paket yang menggunakan packing kayu adalah barang elektronik. Sebab, barang elektronik bisa saja mengalami kerusakan apabila tidak dilapisi dengan packing kayu.

Selain itu, Anda harus menambahkan asuransi pengiriman agar pengirim mendapat ganti rugi jika timbul kerusakan atau kehilangan paket. Jenis paket yang menggunakan packing kayu selanjutnya adalah barang cair.

Untuk barang cair, maka Anda wajib tahu cara mudah packing kayu khusus barang cair. Sebab, barang cair harus dilapisi dengan packing kayu. Tujuannya agar barang cair tidak mengalami kebocoran saat proses pengiriman, terlebih bagi Anda yang mengirim barang cair ke luar provinsi.

Sebagai pengirim, Anda wajib menyertakan packing kayu. Tujuannya agar barang tetap aman ketika berada di gudang ekspedisi. Maka dari itu, ketahui cara mudah packing kayu ketika mengirim barang melalui jasa ekspedisi.