Tutorial Cara Mudah Packing Barang Berharga

 

Bagi pengirim paket, maka Anda wajib tahu bagaimana cara mudah packing barang berharga. Sebab, pihak ekspedisi tidak bertanggung jawab apabila ada kerusakan pada barang yang sedang dikirim oleh pihak ekspedisi.

Oleh karena itu, Anda wajib menambahkan packing khusus agar barang berharga yang Anda kirim tetap aman sampai ke tempat tujuan. Akan tetapi, Anda harus menyesuaikan packing barang sesuai dengan aturan dari pihak ekspedisi.

Jadi, ketahui bagaimana packing barang berharga agar tidak mengalami kerusakan saat dikirim ke alamat penerima. Maka dari itu, pelajari bagaimana cara packing barang yang akan dikirim melalui jasa ekspedisi. Dengan begitu, paket tetap aman hingga sampai ke tangan penerima.

 

 

 

Panduan Cara Mudah Packing Barang Berharga Melalui Jasa Ekspedisi

Memang, setiap perusahaan logistik mewajibkan pengirim untuk mempacking barang berharga secara khusus. Pasalnya, pihak ekspedisi tidak bertanggung jawab apabila terdapat kerusakan barang berharga akibat packing yang tidak tepat.

Oleh karena itu, ini dia panduan cara mudah packing barang berharga sesuai dengan aturan jasa ekspedisi. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1.     Mempersiapkan Barang Berharga yang Akan Dikirim

Langkah pertama adalah mempersiapkan barang berharga yang akan Anda kirim. Lapisi barang dengan plastik kresek dan kemudian tutup dengan lakban. Setelah itu, lapisi dengan bubble wrap agar barang tidak mengalami kerusakan saat berada di jasa ekspedisi.

2.     Menggunakan Kayu untuk Memperkuat Packing Barang Berharga

Langkah kedua adalah menggunakan packing kayu. Umumnya, packing kayu ini digunakan untuk mengirim barang berharga seperti perlengkapan elektronik atau barang pecah belah.

Pastikan ukuran packing kayu telah sesuai dengan barang yang akan Anda kirim. Tujuannya agar tidak dikenakan tambahan biaya beban volume karena ukuran packing kayu yang melebihi ukuran barang.

3.     Menempelkan Stiker Fragile

Cara mudah packing barang berharga yang ketiga adalah menempelkan stiker fragile atau barang pecah belah. Penempelan stiker ini sangat penting agar petugas jasa ekspedisi berhati-hati ketika mengirim barang hingga sampai ke tujuan.

4.     Menambahkan Asuransi

Langkah yang terakhir adalah menambahkan asuransi barang berharga. Asuransi ini bertujuan agar barang berharga yang Anda kirim bisa diklaim ganti rugi jika terdapat kerusakan atau kehilangan. Rata-rata, jasa ekspedisi ini bekerja sama dengan pihak asuransi.

 

Pentingnya Mengetahui Cara Packing Barang Berharga

Sebagai pengirim, tentu Anda diwajibkan untuk mengetahui bagaimana cara packing barang berharga sebelum diserahkan ke petugas jasa ekspedisi. Pasalnya, barang yang Anda kirim akan tertumpuk dengan paket milik orang lain.

Sehingga, sangat riskan apabila mengirim barang berharga tanpa menggunakan packing khusus. Tercatat, ada banyak peran penting dengan mempelajari cara packing untuk jenis barang berharga.

Peran yang pertama, packing khusus ini dapat melindungi barang berharga dari guncangan, tumpukan barang berlebih, atau getaran ketika proses pengiriman ke alamat yang dituju. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara mudah packing barang berharga.

Peran yang kedua, packing khusus untuk barang berharga juga ditujukan untuk mencegah kerusakan parah atau kehilangan. Sebab, packing khusus ini biasanya menggunakan kayu. Sehingga, barang berharga tersebut tetap aman dari kerusakan fatal maupun tindak pencurian yang dilakukan oleh oknum petugas ekspedisi.

Peran yang ketiga, packing khusus barang berharga juga bertujuan untuk menjadi bukti asuransi jika terjadi kerusakan pada barang. Sebab, pihak asuransi akan mempelajari dahulu penyebab kerusakan barang berharga di pihak ekspedisi. Jika barang telah dipacking khusus namun tetap mengalami kerusakan, maka pihak asuransi akan mengganti seluruh kerugian yang Anda tanggung.

Sebagai pengirim, Anda wajib tahu bagaimana cara packing paket untuk barang berharga. Sebab, pihak ekspedisi tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan akibat kesalahan packing. Oleh karena itu, ketahui bagaimana cara mudah packing barang berharga.